Resep cara membuat Tempe Bacem yang enak

Tempe merupakan makanan asli indonesia yang terbuat dari kacang kedelai, (baca : Manfaat dari kacang kedelai untuk tubuh ) semua golongan menyukai makanan yang satu ini.

tempe merupakan makanan atau bahan makanan yang paling gampang diolah dan banyak cara mengolah tempe agar menjadi makanan yang enak atau dijadikan menu andalan keluarga berbahan dasar tempe.

Kali ini, dicuaca jakarta yang agak mendung dan kurang bersahabat, admin blog maniak makan akan memberikan sedikit resep andalan keluarga berbahan dasar dari tempe.

tempe bacem, olahan tempe dengan rasa manis ini memang memang banyak disukai khusnya masyarakat dari tanah jawa. dan juga banyak tersedia pada warung makan.
Tempe Bacem Credit by Bango

sekarang saat nya kalian siapkan alat tulis dan catat resep cara membuat tempe bacem yang enak ini untuk menu makanan andalan keluarga.

Bumbu:

  • 2 buah bawang merah segar dikupas dan dihaluskan.
  • 1 siung bawang putih, kupas dan haluskan.
  • gula merah seukuran jempol orang dewasa, usahakan yang asli terbuat dari aren dan bukan yang dari tebu karena rasanya pasti akan beda.
  • 1/2 sdt garam dapur yang putih bersih
  • 2 sendok teh kecap manis, anda bisa menggunakan merek apa saja, seperti Bango, ABC, dan lainnya, tapi jangan sampai menggunakan yang murahan karena ini adalah bumbu utama yang menentukan aroma dan rasanya.
  • Siapkan juga rempah penambah aroma tempe bacemnya secukupnya, seperti batang serai, daun salam, ketumbar halus 1/2 sdt, dan juga asam jawa.
Proses Bikin – Cara Membuat Tempe Bacem Jawa dan Tahu Bacem
  1. Mulai dengan memotong tempe hingga ukurannya kurang lebih 4×4 cm atau bisa juga sesuai selera.
  2. Lalu panaskan terlebih dahulu 3 sendok makan minyak goreng, jika telah terlihat berasap selanjutnya tumis bumbu di atas, pastinya setelah dihaluskan. Kecuali asam, lengkuas, daun salam dan serai cukup dikeprok atau dipukul dengan benda keras sekali agar pecah, tanpa harus dihaluskan.
  3. Masukkan kecap manis sesuai takaran atau berdasarkan selera, aduk-aduk lagi hingga betul-betul mengeluarkan aroma harum dari kecap dan bumbunya.
  4. Selanjutnya masukkan air putih yang telah mendidih ke dalam bumbu yang telah matang, tunggu beberapa menit hingga terlihat mendidih.
  5. Barulah tempe dimasukkan ke dalamnya, usahakan masak hingga airnya tersisa sedikit saja agar bumbunya bisa meresap dengan sempurna.
  6. Jika dilihat telah berkurang, kemudian masukan air kelapa yang telah disediakan, lalu masak lagi hingga olahan menjadi meresap.
  7. Angkat tempe atau tahu bacem yang sudah meresep.
  8. Jika kalian ingin memakan langsung juga sudah terasa enaknya, mw digoreng lagi biar tambah kering atau garing juga bisa itu tergantung dari selera kalian masing - masing.
Selesai sudah resep cara membuat tempe atau tahu bacem yang enak dan lezat, resep andalan ini merupakan resep warisan nusantara.

Jika kalian mempunyai resep masakan andalan keluarga, kalian boleh mengirimkannya ke admin blog maniak - makan dan selanjutnya admin akan publish agar resep masakan andalan keluarga anda menjadi resep masakan favorit keluarga indonesia

happy cooking, salam admin.

0 Response to "Resep cara membuat Tempe Bacem yang enak"

Post a Comment